MOMEN

Pentingnya Literasi Infornasi di Era Digital

Pentingnya Literasi Infornasi di Era Digital- Saat ini kita dimanjakan dengan adanya internet. Melalui internet kita dengan mudahnya bisa mengakses berbagai macam informasi yang ada di luar sana tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Setiap orang bisa dengan mudah untuk mempublish sebuah informasi tanpa adanya kontrol dari orang lain. Dari kemudahan itu maka orang bisa dengan mudah menyebar informasi baik informasi yang valid maupun tidak. 

Pentingnya Literasi Infornasi di Era Digital





Sebagai akademisi maka kita harus mampu untuk memilah dan memilih mana informasi yang relevan mana informasi yang valid atau tidak mana informasi yang sesuai atau tidak. Untuk itu kita harus memiliki kemampuan literasi informasi. Literasi informasi merupakan suatu kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi kita kemudian mampu untuk mencari mengevaluasi dan menggunakan informasi yang kita butuhkan. Sehingga ketika kita mempunyai kemampuan literasi informasi maka kita tidak bisa blok dalam informasi yang hoax. 


Kemampuan literasi informasi ini sangat penting sekali dimiliki oleh narasi milenial. Generasi milenial ini rata-rata mereka ketika melihat atau mendapatkan informasi mereka hanya membaca judul atau gambarnya saja. Padahal judul berita atau gambar suatu berita itu belum tentu benar adanya sehingga kita harus mengecek dengan cara membaca syaraful berita yang kita dapatkan kemudian kita harus mengeceknya lebih lanjut Apakah informasi yang kita dapatkan itu valid atau tidak.

Posting Komentar

0 Komentar